Sabtu, 03 Mei 2014

PEMANFATAAN MEDIA PEMBELAJARAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa. Hal ini sangat membantu guru dalam mengajar dan memudahkan siswa dalam menerima dan memahami pelajaran. Proses ini membutuhkan yang profesional dan menyelaraskan antara media media pembelajaran dan metode pembelajaran.
Penggunaan media tidak dilihat atau dinilai dari segi kecanggihan medianya, tetapi yang lebih penting adalah fungsi dan peranannya dalam membantu mempertinggi proses pengajaran. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guru dalam menggunakan media untuk mempertinggi kualitas pengajaran, yaitu :
a.    Guru perlu memiliki pemahaman media pengajaran, kriteria memilih dan   
     menggunakan media.
b.   Guru terampil membuat media sederhana untuk keperluan pengajaran terutama media dua dimensi dan media proyeksi.
c.    Pengetahuan dan keterampilan dalam menilai keefektifan penggunaan media dalam proses belajar mengajar.
Pada makalah ini yaitu akan membahas penggunaan media pembelajaran yang berbasis lingkungan dengan media visual. Penggunan media visual ini dalam dalam pengajaran dimaksudkan untuk.
a.    Memperkenalkan, membentuk dan memperkaya, serta memperjelas pengertian  
  yang abstrak.
b.   Mengembangkan sikap yang diinginkan.
c.    Mendorong kegiatan siswa lebih lanjut.
B.            Rumusan Masalah
                        Berdasar latar belakang diatas, maka makalah ini ingin mengetahui hal-hal sebagai berikut :
1.   Apakah yang di maksud media bagan pohon dan media satuan petak ?
2.   Bagaimana penggunaan media bagan pohon dan media satuan petak dalam proses pembelajaran ?
3.   Apa saja kekurangan dan kelebihan media bagan pohon dan media satuan petak ?
C.            Tujuan Masalah.
1.   Mengetahui apa yang di maksud media bagan pohon dan media satuan petak.
2.   Mengetahui penggunaan media bagan pohon dan media satuan petak dalam
        proses pembelajaran.
3.     Mengtahui kekurangan dan kelebihan media bagan pohon dan media satuan         petak.






























BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Media Bagan Pohon dan Media Satuan Petak

1.   Bagan Pohon
Bagan pohon yag diungkapkan oleh namanya, ialah ibarat sebatang pohon yang tumbuh dengan cabang dan ranting di mana bergantung buah-buahan. Bagan pohon dapat digunakan untuk menjelaskan bahwa dari satu benda dapat di ahasilkan berbagai benda yang lain. Bagan pohon juga dapat digunakan untuk menjelaskan antara hubungan iman, islam dan ihsan, contoh lainnya dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan satu negara yang kokoh mempunyai bermacam-macam suku, adat, agama tetapi tetap dalam satu kesatuan.
2.     Media satuan petak
Media kotak-kotak pembantu ini dapat digunakan untuk mencari dan menghitung keliling dan luas suatu bangun datar dengan terperinci, sebagai contohnya yaitu mencari keliling dan luas persegi dan persegi panjang.

B.    Contoh Penggunaan Media Bagan Pohon dan Media Satuan Petak Proses Pembelajaran
Contoh Penggunaan Media Bagan Pohon dan Media Satuan Petak dapat di lihat dalam proses Pembelajaran sebagai berikut ini.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Peandidikan    :
Tema / Sub tema                     : Pendidikan
Kelas /  Semester                    : III (Tiga) / 2 ( Dua )
Alokasi Waktu                        :
Standar Kompetensi :
·       Pendidikan Kewarganegaraan
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa indonesia.
·       Matematika
Menghitung keliling luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar
·       Pendidikan Kewarganegaraan
Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
·       Matematika
Menghitung luas persegi dan panjang persegi.
Indikator
·       Pendidikan Kewarganeraan
a.      Mengidentifikasi agama yang ada di indonesia
b.     Mengidentifikasi suku bangsa indonesia
c.      Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
·       Matematika
a.      Menggambar luas persegi dan panjang persegi.
b.     Membandingkan luas dan mengurutkan luas bangun datar.
c.      Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan.
d.     Menemukan cara menghitung luas persegi dan panjang persegi.
Materi Ajar
·       Pendidikan Kewarganeraan
1.     Kebhinekaan.
2.     Adat istiadat dan keagamaan.
·       Matematika
1.     Menghitung dan membandingkan luas datar.
2.     Mengurutkan luas  berbagai bangunan datar.
Metode
·       Ceramah.
·       Tanya jawab.
·       Ingviry dan Discovery.
Media
·         Bagan pohon.
·        Satuan  petak.

Langkah-langkah Kegiatan
No.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Siswa
Metode
Alokasi waktu
1.
Pendahuluan
·   Guru menyiapkan siswa untuk berdoa bersama, mengabsensi serta menyiapkan buku pelajaran sehingga siswa dapat menerima pelajaran
·   Apresiasi
·   Guru memberikan Tanya jawab mengenai materi, contoh “ayo kira-kira agama apa saja yang ada di Negara kita?”
·   Motivasi
·   Guru memtivasi siswa supaya tertarik dengan materi yaitu melalui Tanya jawab

·  Berdoa bersama




·  Menjawab pertanyaan yang disampikan guru


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·   Setelah diadakan Tanya jawab, guru memasang gambar bagan pohon.
·   Guru memberikan penjelasan tentang gambaran Negara kita yang berdiri kokoh namun ber-Bhineka Tunggal Ika.
·   Guru memberikan perumpamaan mengenai bagan pohon dengan Negara kita yang ber Bhinneka
·   Guru dan siswa melakukan Tanya jawab tentang macam-macam agama yang ada di Indonesia.
·   Guru memberikan gambaran tentang perbandingan pemeluk agama di Indonesia.
·   Guru memberikan contoh lain mengenai perbandingan bentuk benda
·   Guru melakukan Tanya jawab tentang bentuk persegi dan persegi panjang.
·   Guru memasang gambar satuan petak
·   Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok menjadi 3.
·   Guru menyerahkan lembar satuan petak dengan potongan kertas berwarna kepada masing-masing ketua kelompok untuk dibagikan ke anggotanya.
·   Guru menjelaskan tentang bentuk ersegi A (bentuk kecil)
·   Guru meminta masing-masing siswa untuk menempelkan kotak-kotak berwarna di masing-masing kertas petak, membentuk persegi A
·   Guru menjelaskan tentang persegi B dan meminta siswa untuk membantu menempelkan kotak pada paapan satuan petak sehingga membentuk persegi B
·   Guru meminta hal yang sama kepada semua siswa untuk menempel kotak-kotak di lembaran satuan petak siswa sehingga membentuk persegi B.
·   Guru menjelaskan tentang persegi panjang A. guru meminta satu siswa untuk membantu menempel kotak pada papan satuan petak hingga membentuk persegi panjang A.
·   Guru menjelaskan tentang persegi panjang B
·   Guru membandingkan persegi panjang A dan B
·   Guru menjelaskan cara menghitung keliling persegi A dan B
·   Siswa dibantu guru menemukan rumus keliling persegi
·   Guru menjelaskan cara menghitung keliling persegi panjang A dan B
·   Siswa dibantu guru menemukan rumus keliling persegi panjang
·   Guru menjelaskan tentang menghitung luas persegi A dan B
·   Siswa dibantu guru menemukan rumus menghitung luas persegi
·   Guru menjelaskan tentang menghitung luas persegi panjang A dan B
·   Siswa dibantu guru menemukan rumus luas persegi panjang

·   Elaborasi
·   Guru meminta perwakilan kelompok untuk membacakan hasil kegiatan belajar
a.      Agama-agama yang ada di Indonesia
b.      Rumus keliling persegi dan persegi panjang
c.      Rumus luas persegi dan persegi panjang
·  Guru memberikan kesempatan untuk bertanya












·  Tanya-jawab








·  Tanya jawab


·  Membentuk kelompok








·  Siswa menempel



·  Siswa menempel




·  Siswa menempel










·  Siswa menirukan



·  Siswa menirukan





















·  Siswa bergantian membaca hasil belajar




·  Ceramah

























·  Inquiry-discovery






















·  Discovery



·  Discovery



·  Discovery



·  Discovery



3.

Kegiatan penutup
·   Siswa dengan bantuan guru membuat kesimpulan materi yang baru diajarkan
·   Guru memberikan penguatan tentang materi kepada siswa , sehingga siswa tidak mengalami keraguan dalam pemahaman materi.
·   Guru menutup pelajaran dengan doa bersama-sama










·  Siswa berdoa bersama-sama



Sumber Belajar
·     Kurikulum
·     Buku PKn kelas III semester 2
·     Buku matematika kelas III semester 2

Alat dan Bahan
·     Kertas satuan petak (buku strimin)
·     Kertas potongan kotak-kotak
·     Lem

Penilaian
·     Penilaian proses     : penilaian selama proses pembelajaran
·     Penguasaan konsep            : tes tulis



Mengetahui,                                                           Tulungagung,                                2013
Kepala Sekolah                                                                              Guru Kelas,


                                                                                                                              
NIP.                                                                                       NIP.





















Ringkasan Materi

PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)
Kebhinnekaan
Wilayah Negara Indonesia sangat luas yaitu mulai dari Sabang sampai Merauke. Bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia mulai dari adat istiadat, lagu-lagu daerah sampai agama. Meskipun memiliki perbedaan agama dan kepercayaan yang berbeda-beda kita tetap bias hidup dengan rukun dan saling menghargai. Bangsa Indonesia mengutamakan persatuan. Agama yang ada di Indonesia antara lain: Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha.

Matematika
1.     Membandingkan bentuk persegi dengan persegi panjang
2.     Menghitung keliling persegi dan persegi panjang
3.     Menghitung luas persegi dan persegi panjang.



















C.    Kekurangan dan Kelebihan
Media Pembelajaran
1.     PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) kelas III semester 2
Nama media: Gambar Bagan Pohon








 







                                                                                                                                        Daun menggambarkan kebhinekaan




                                                                                                             Menggambarkan Negara kesatuan yang kuat dan kokoh
·     Langkah-langkah penggunaan media:
Gamabr ditempelkan di papan. Digunakan sebagai alat bantu dalam memberikan penjelasan.
·       Alasan pemilihan media:
a.      Gambar mudah didapat dan relative murah
b.     Gambar mudah digunakan karena praktis
c.      Gambar dapat digunakan untuk menjelaskan sesuatu
·       Tujuan dan manfaat pemilihan media:
a.      Membantu guru dalam mengajar
b.     Memudahkan siswa dalam menerima pelajaran
·       Kekurangan media:
a.      Hanya dapat digunakan untuk pelajarn tertentu
b.     Siswa hanya berperan pasif


2.     Mata pelajaran matematika kelas III semester 2
Nama media: Satuan Petak





















·       Langkah-langkah penggunaan media
a.      Siapkan papan satuan petak
b.     Menempelkan kotak-kotak sehingga membentuk persegi A dan B
c.      Membedakan bentuk antar persegi dengan persegi panjang
d.     Menghitung keliling persegi A dan B, menghitung keliling persegi panjang A dan B
e.      Menghitung luas persegi dan persegi panjang.

·       Tujuan dan manfaat media:
a.      Membantu guru dalam mengajar.
b.     Memudahkan siswa menerima pelajaran, terutama dala mencari rumus bangun datar  (persegi dan persegi panjang ).

·       Kekurangan media
a.      Hanya dapat digunakan untuk mata pelajaran tertentu
b.     Membutuhkan waktu yang lama.




BAB III
KESIMPULAN

Tujuan penggunaan media pembelajaran yaitu sebagai sumber belajar yang dapat mengefektifkan proses komunikasi pembelajaran sehingga tercapai tujuan yang diinginkan. Yaitu adanya perubahan tingkah laku. Dengan penggunaan media bagan pohon dan satuan petak diharapkan siswa mampu memahami pejaran yang disampaikan guru.





















DAFTAR PUSTAKA

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada Press

Panitia Sertifikasi Guru Rayon 143. 2013. Lembar Kerja PTK dan Pengembangan Perangkat pembelajaran. Kediri. Universitas Nusantara PGRI

Panitia Sertifikasi Guru Rayon 143. 2013. Modul Materi Paedagogik. Kediri. Universitas Nusantara PGRI

Departemen Pendidikan Nasional.2008. Model Silabus Tematik Kelas III. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar