BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Media pembelajaran merupakan suatu
alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar dalam
rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dan siswa. Hal ini sangat membantu
guru dalam mengajar dan memudahkan siswa dalam menerima dan memahami pelajaran.
Proses ini membutuhkan yang profesional dan menyelaraskan antara media media
pembelajaran dan metode pembelajaran.
Penggunaan media tidak dilihat atau
dinilai dari segi kecanggihan medianya, tetapi yang lebih penting adalah fungsi
dan peranannya dalam membantu mempertinggi proses pengajaran. Ada beberapa hal
yang perlu diperhatikan guru dalam menggunakan media untuk mempertinggi
kualitas pengajaran, yaitu :
a.
Guru perlu
memiliki pemahaman media pengajaran, kriteria memilih dan
menggunakan media.
b.
Guru terampil
membuat media sederhana untuk keperluan pengajaran terutama media dua dimensi
dan media proyeksi.
c.
Pengetahuan dan
keterampilan dalam menilai keefektifan penggunaan media dalam proses belajar
mengajar.
Pada makalah ini yaitu akan membahas
penggunaan media pembelajaran yang berbasis lingkungan dengan media visual.
Penggunan media visual ini dalam dalam pengajaran dimaksudkan untuk.
a.
Memperkenalkan,
membentuk dan memperkaya, serta memperjelas pengertian
yang abstrak.
b.
Mengembangkan
sikap yang diinginkan.
c.
Mendorong
kegiatan siswa lebih lanjut.
B.
Rumusan Masalah
Berdasar latar belakang
diatas, maka makalah ini ingin mengetahui hal-hal sebagai berikut :
1.
Apakah yang di
maksud media bagan pohon dan media satuan petak ?
2.
Bagaimana
penggunaan media bagan pohon dan media satuan petak dalam proses pembelajaran ?
3.
Apa saja
kekurangan dan kelebihan media bagan pohon dan media satuan petak ?
C.
Tujuan Masalah.
1.
Mengetahui apa
yang di maksud media bagan pohon dan media satuan petak.
2.
Mengetahui
penggunaan media bagan pohon dan media satuan petak dalam
proses pembelajaran.
3.
Mengtahui
kekurangan dan kelebihan media bagan pohon dan media satuan petak.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Media Bagan Pohon dan Media Satuan Petak
1.
Bagan Pohon
Bagan pohon yag
diungkapkan oleh namanya, ialah ibarat sebatang pohon yang tumbuh dengan cabang
dan ranting di mana bergantung buah-buahan. Bagan pohon dapat digunakan untuk
menjelaskan bahwa dari satu benda dapat di ahasilkan berbagai benda yang lain.
Bagan pohon juga dapat digunakan untuk menjelaskan antara hubungan iman, islam
dan ihsan, contoh lainnya dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan satu
negara yang kokoh mempunyai bermacam-macam suku, adat, agama tetapi tetap dalam
satu kesatuan.
2.
Media satuan petak
Media kotak-kotak
pembantu ini dapat digunakan untuk mencari dan menghitung keliling dan luas
suatu bangun datar dengan terperinci, sebagai contohnya yaitu mencari keliling
dan luas persegi dan persegi panjang.
B.
Contoh
Penggunaan Media Bagan Pohon dan Media Satuan Petak Proses Pembelajaran
Contoh Penggunaan Media Bagan Pohon dan Media Satuan Petak dapat di
lihat dalam proses Pembelajaran sebagai berikut ini.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Peandidikan :
Tema / Sub tema :
Pendidikan
Kelas / Semester : III (Tiga) / 2 ( Dua )
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi :
· Pendidikan Kewarganegaraan
Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa indonesia.
· Matematika
Menghitung
keliling luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar
· Pendidikan Kewarganegaraan
Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
· Matematika
Menghitung luas
persegi dan panjang persegi.
Indikator
· Pendidikan Kewarganeraan
a.
Mengidentifikasi
agama yang ada di indonesia
b.
Mengidentifikasi
suku bangsa indonesia
c.
Mengidentifikasi
kegiatan gotong royong di masyarakat
· Matematika
a.
Menggambar luas
persegi dan panjang persegi.
b.
Membandingkan
luas dan mengurutkan luas bangun datar.
c.
Menaksir luas
daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan.
d.
Menemukan cara
menghitung luas persegi dan panjang persegi.
Materi Ajar
· Pendidikan Kewarganeraan
1.
Kebhinekaan.
2.
Adat istiadat
dan keagamaan.
· Matematika
1.
Menghitung dan
membandingkan luas datar.
2.
Mengurutkan
luas berbagai bangunan datar.
Metode
· Ceramah.
· Tanya jawab.
· Ingviry dan Discovery.
Media
·
Bagan pohon.
·
Satuan
petak.
Langkah-langkah
Kegiatan
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
Siswa
|
Metode
|
Alokasi
waktu
|
1.
|
Pendahuluan
· Guru
menyiapkan siswa untuk berdoa bersama, mengabsensi serta menyiapkan buku
pelajaran sehingga siswa dapat menerima pelajaran
· Apresiasi
· Guru
memberikan Tanya jawab mengenai materi, contoh “ayo kira-kira agama apa saja
yang ada di Negara kita?”
· Motivasi
·
Guru memtivasi siswa supaya tertarik dengan materi yaitu melalui
Tanya jawab
|
·
Berdoa bersama
·
Menjawab pertanyaan yang disampikan guru
|
||
2.
|
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
· Setelah
diadakan Tanya jawab, guru memasang gambar bagan pohon.
· Guru
memberikan penjelasan tentang gambaran Negara kita yang berdiri kokoh namun
ber-Bhineka Tunggal Ika.
· Guru
memberikan perumpamaan mengenai bagan pohon dengan Negara kita yang ber
Bhinneka
· Guru dan
siswa melakukan Tanya jawab tentang macam-macam agama yang ada di Indonesia.
· Guru
memberikan gambaran tentang perbandingan pemeluk agama di Indonesia.
· Guru
memberikan contoh lain mengenai perbandingan bentuk benda
· Guru
melakukan Tanya jawab tentang bentuk persegi dan persegi panjang.
· Guru memasang
gambar satuan petak
· Guru meminta
siswa untuk membentuk kelompok menjadi 3.
·
Guru menyerahkan lembar satuan petak dengan potongan kertas
berwarna kepada masing-masing ketua kelompok untuk dibagikan ke anggotanya.
·
Guru menjelaskan tentang bentuk ersegi A (bentuk kecil)
·
Guru meminta masing-masing siswa untuk menempelkan kotak-kotak
berwarna di masing-masing kertas petak, membentuk persegi A
·
Guru menjelaskan tentang persegi B dan meminta siswa untuk
membantu menempelkan kotak pada paapan satuan petak sehingga membentuk
persegi B
·
Guru meminta hal yang sama kepada semua siswa untuk menempel
kotak-kotak di lembaran satuan petak siswa sehingga membentuk persegi B.
·
Guru menjelaskan tentang persegi panjang A. guru meminta satu
siswa untuk membantu menempel kotak pada papan satuan petak hingga membentuk
persegi panjang A.
·
Guru menjelaskan tentang persegi panjang B
·
Guru membandingkan persegi panjang A dan B
·
Guru menjelaskan cara menghitung keliling persegi A dan B
·
Siswa dibantu guru menemukan rumus keliling persegi
·
Guru menjelaskan cara menghitung keliling persegi panjang A dan B
·
Siswa dibantu guru menemukan rumus keliling persegi panjang
·
Guru menjelaskan tentang menghitung luas persegi A dan B
·
Siswa dibantu guru menemukan rumus menghitung luas persegi
·
Guru menjelaskan tentang menghitung luas persegi panjang A dan B
·
Siswa dibantu guru menemukan rumus luas persegi panjang
·
Elaborasi
·
Guru meminta perwakilan kelompok untuk membacakan hasil kegiatan
belajar
a.
Agama-agama yang ada di Indonesia
b.
Rumus keliling persegi dan persegi panjang
c.
Rumus luas persegi dan persegi panjang
·
Guru memberikan kesempatan untuk bertanya
|
·
Tanya-jawab
·
Tanya jawab
·
Membentuk kelompok
·
Siswa menempel
·
Siswa menempel
·
Siswa menempel
·
Siswa menirukan
·
Siswa menirukan
·
Siswa bergantian membaca hasil belajar
|
·
Ceramah
· Inquiry-discovery
· Discovery
· Discovery
·
Discovery
· Discovery
|
|
3.
|
Kegiatan penutup
·
Siswa dengan bantuan guru membuat kesimpulan materi yang baru
diajarkan
·
Guru memberikan penguatan tentang materi kepada siswa , sehingga
siswa tidak mengalami keraguan dalam pemahaman materi.
· Guru menutup
pelajaran dengan doa bersama-sama
|
·
Siswa berdoa bersama-sama
|
Sumber Belajar
·
Kurikulum
·
Buku PKn kelas
III semester 2
·
Buku matematika
kelas III semester 2
Alat dan Bahan
· Kertas satuan petak (buku strimin)
· Kertas potongan kotak-kotak
· Lem
Penilaian
· Penilaian proses :
penilaian selama proses pembelajaran
· Penguasaan konsep :
tes tulis
Mengetahui, Tulungagung, 2013
Kepala Sekolah Guru
Kelas,
NIP.
NIP.
Ringkasan Materi
PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)
Kebhinnekaan
Wilayah Negara Indonesia sangat luas yaitu mulai dari Sabang sampai
Merauke. Bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia mulai dari adat istiadat,
lagu-lagu daerah sampai agama. Meskipun memiliki perbedaan agama dan
kepercayaan yang berbeda-beda kita tetap bias hidup dengan rukun dan saling
menghargai. Bangsa Indonesia mengutamakan persatuan. Agama yang ada di
Indonesia antara lain: Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha.
Matematika
1.
Membandingkan
bentuk persegi dengan persegi panjang
2.
Menghitung keliling
persegi dan persegi panjang
3.
Menghitung luas
persegi dan persegi panjang.
C. Kekurangan dan Kelebihan
Media Pembelajaran
1.
PKn (Pendidikan
Kewarganegaraan) kelas III semester 2
Nama
media: Gambar Bagan Pohon
Daun menggambarkan kebhinekaan
Menggambarkan
Negara kesatuan yang kuat dan kokoh
· Langkah-langkah penggunaan media:
Gamabr ditempelkan di papan. Digunakan sebagai alat bantu dalam
memberikan penjelasan.
· Alasan pemilihan media:
a.
Gambar mudah
didapat dan relative murah
b.
Gambar mudah
digunakan karena praktis
c.
Gambar dapat
digunakan untuk menjelaskan sesuatu
· Tujuan dan manfaat pemilihan media:
a.
Membantu guru
dalam mengajar
b.
Memudahkan
siswa dalam menerima pelajaran
· Kekurangan media:
a.
Hanya dapat
digunakan untuk pelajarn tertentu
b.
Siswa hanya
berperan pasif
2.
Mata pelajaran
matematika kelas III semester 2
Nama media:
Satuan Petak
· Langkah-langkah penggunaan media
a.
Siapkan papan
satuan petak
b.
Menempelkan
kotak-kotak sehingga membentuk persegi A dan B
c.
Membedakan
bentuk antar persegi dengan persegi panjang
d.
Menghitung
keliling persegi A dan B, menghitung keliling persegi panjang A dan B
e.
Menghitung luas
persegi dan persegi panjang.
· Tujuan dan manfaat media:
a.
Membantu guru
dalam mengajar.
b.
Memudahkan siswa
menerima pelajaran, terutama dala mencari rumus bangun datar (persegi dan persegi panjang ).
· Kekurangan media
a.
Hanya dapat
digunakan untuk mata pelajaran tertentu
b.
Membutuhkan
waktu yang lama.
BAB III
KESIMPULAN
Tujuan penggunaan media pembelajaran yaitu sebagai sumber belajar
yang dapat mengefektifkan proses komunikasi pembelajaran sehingga tercapai
tujuan yang diinginkan. Yaitu adanya perubahan tingkah laku. Dengan penggunaan
media bagan pohon dan satuan petak diharapkan siswa mampu memahami pejaran yang
disampaikan guru.
DAFTAR PUSTAKA
Munadi, Yudhi.
2008. Media Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada Press
Panitia
Sertifikasi Guru Rayon 143. 2013. Lembar Kerja PTK dan Pengembangan
Perangkat pembelajaran. Kediri. Universitas Nusantara PGRI
Panitia
Sertifikasi Guru Rayon 143. 2013. Modul Materi Paedagogik. Kediri.
Universitas Nusantara PGRI
Departemen
Pendidikan Nasional.2008. Model Silabus Tematik Kelas III. Jakarta.
Badan Standar Nasional Pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar