Selasa, 17 Juni 2014

 Variabel dalam penelitian




 variabel dalam penelitian kuantitatif



A.      Pengertian Variabel
Menurut Prof. Drs. Sutrisno Hadi, variabel sebagai gejala yang bervariasi misalnya jenis kelamin, karena jenis kelamin memiliki variasi; laki-laki dan perempuan.

B.       Macam-Macam Variabel

C.      Variabel dan Data
-          Variabel adalah objekt penelitian atau apa yg menjadi titik perhatian suatu penelitian.
-          Data adalah pencatatan peneliti baik yang berupa fakta ataupun angka.
-          Data dari variabel diskrit disebut data diskrit berupa frekuensi
-          Data dari variabel kontinum disebut data kontinum berupa tingkatan, angka berjarak atau ukuran.

D.      Variabel sebagai Objek Penelitian
Contoh:
‘apakah benar susu menyebabkan badan menjadi gemuk?’
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan eksperimen. Maka kelompok orang yang diberi minum susu adalah kelompok eksperimen dan orang yang tidak diberikan susu merupakan kelompok pembanding. Dalam penlitian ini susu dan berat badan orang adalah objek penelitian ataupun sebagai variabel. Sedangkan banyaknya susu yang diberikan(ditakar dengan liter) merupakan variabel berbentuk kontinum.

E.       Pentingnya Memahami Variabel
Dalam penelitian memahami variabel dan kemampuan menganalisis dan mengidentifikasi variabel sangat penting . peneliti juga harus mengetahui jenis- jenis variabel, dan apabila dipeerlukan peniliti juga harus mengkategorikan variabel-variabel yang ada. Tujuannya mengkategorisasikan variabel adalah agar peneliti memahami dengan jelas permasalahan yang sedang diteliti.


Prof.Dr. Sugiyono (Hal.60-78)
A.      VARIABEL PENELITIAN
a)      Pengertian Variabel
Secara Umum
Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang berebentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut kemudian ditarik kesimpulannya.
Secara Khusus
Variabel penelitian adlah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, objek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipeljari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
b)      Macam-macam Variabel
§   Variabel Independen (bebas) : variabel yg mempengaruhi / yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel dependen (terikat).
§   Variabel Dependen (terikat) : variabel yg dipengaruhi atau yg menjadi akibat karena adanya variabel bebas.




§   Variabel oderator : variabel yg mempengaruhi (memperkuat dan memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan dependen.




§   Variabel Intervening : variabel yg secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dan variabel dependen menjadi hubungan yg tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur.






§   Variabel Kontrol : variabel yg dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor bluar yg tidak diteliti





B.       PARADIGMA PENELITIAN
Paradigma penelitian adalah sebuah pola pikir yg menunjukkan hubungan antara variabel yang akan diteliti sekaligus mencerminkan jenis dan jumlah rumusan masalah yg perlu dijawab melaui penelitian, teori yg digunakan untuk merumuskan hipotesis, jenis dan jumlah hipotesis dan tehnik analisis statistik yg akan digunakan.
Bentuk-bentuk paradigma, yaitu; (a) Paradigma Sederhana,(b) Pradigma Sederhana Berurutan, (c)Pradigma Ganda denga Dua Variabel Independen, (d) Paradigma Gandan dengan Tiga Variabel Independen, (e) Paradigma Ganda dengan DuaVariabel Dependen, (f) Paradigma Ganda dengan Dua Variabel Indepnden dan Dua Dependen, (g) Paradigma Jalur

C.      MENEMUKAN MASALAH
Untuk menemukan masalah dapat dilakukan dengan cara melakukan analisis masalah, yaitu dengan bantuan menyususn ke dalam pohon masalah. Dengan analisis masalah maka permasalahan dapat diketahui mana masalah yg penting, masalah yg kurang penting, dan yg dapat diketahui akar-akar permasalahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar